Ubaya dan Savy Amira Luncurkan Panduan PPK Tingkat SMP di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Surabaya (Ubaya) melalui Fakultas Psikologi bersama Savy Amira dan Dinas Pendidikan Kota Surabaya meluncurkan Panduan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (PPK) di tingkat SMP.

Dosen Psikologi Ubaya Endah Triwijati mengatakan jika pihaknya terlibat dalam proses penyusunan panduan sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

“Ini juga bisa menjadi salah satu bahan kerjasama Psikologi Ubaya dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dalam program Sekolah IDAMAN,” ujar Tiwi, Senin (30/10/2023).

Tiwi menambahkan, adanya peluncuran panduan ini juga membuka kesempatan bagi fakultas-fakultas lain untuk terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di satuan pendidikan.

Sebelumnya, Ubaya dan Savy Amira telah memberikan pelatihan selama tiga hari kepada tim PPK di 5 sekolah, yakni SMPN 1 Surabaya, SMPN 15 Surabaya, SMPN 19 Surabaya, SMPN 22 Surabaya, dan SMPN 26.

“Untuk perancangan panduan PPK sebenarnya sudah kami jalankan sebelum terbitnya Permendikbudristek. Jadi, peluncuran buku panduan ini memperlengkapi apa yang selama ini telah kami lakukan untuk berkontribusi memperkuat sekolah damai nir kekerasan,” katanya.

Nantinya, buku ini juga akan diberikan kepada Fakultas Psikologi Ubaya sebagai bahan referensi. Selain itu, melanjutkan kerjasama dengan stakeholder lain untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan bagi tim PPK di sekolah-sekolah.

Sementara itu, Ketua Savy Amira Siti Yunia Mazdafiah menyebut peluncuran ini sebagai bagian dari rangkaian program SAFE: Sekolah Aman dan Nyaman Tanpa Kekerasan Seksual kerjasama Savy Amira dan EMpower di Inggris untuk wilayah Asia Tenggara.

“Ubaya membantu kami dalam memberikan penguatan-penguatan perihal pencegahan kekerasan di lingkungan pendidikan. Semoga adanya panduan ini membuat kasus kekerasan di sekolah dapat tertangani dengan baik dan akhirnya terbentuk budaya tanpa kekerasan,” pungkasnya. [ipl/ian]

Sumber: https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/ubaya-dan-savy-amira-luncurkan-panduan-ppk-tingkat-smp-di-surabaya/


Bergabung dengan kami di komunitas Savy Amira

Menjadi Relawan Donasi